Rabu, 04 April 2012

UNIVERSITAS


Oya, temaaaan....
Bicara tentang cendekiawan, cendekia bisa diartikan juga sebagai orang-orang yang terpelajar. Nah berarti erat kaitannya dengan tempat mereka menuntut ilmu. Salah satu jenjang pendidikan yang tertinggi yaitu perguruan tinggi atau biasa disebut universitas. Pada tahu ndak nih, kalau ternyata peradaban Islam itu sudah jauh lebih maju daripada peradaban yunani,romawi ataupun barat. Buktinya, universitas pertama yang ada di dunia ini, didirikan oleh orang islam . bahkan banyak universitas terkenal di dunia , seperti Oxford ternyata meniru atau mengadopsi sistemnya.  Check it out.....!!!


1. Universitas Qarawiyyin (Maroko)

 

       Universitas ini oleh orang barat disebut Al-Karaouine yang terletak di Fez, Maroko. berawal dari sebuah Masjid yang didirikan pada tahun 245 H. / 859 M. oleh Fatimah Bint Mohamed Al-Fahri. Fatimah dan saudaranya Mariam adalah dua perempuan terdidik yang mewarisi harta yang melimpah dari sang ayah. Fatimah lalu menggunakan warisannya untuk membangun masjid nama masjid diambil dari nama asal ayah Fatimah, yakni kota Al-Qairawan.
       Universitas ini mendapat rekor dunia Guinnes Book Of World Records pada tahun 1998 sebagai universitas tertua yang menawarkan gelar sarjana. sebelumnya Majalah Time edisi 24 Oktober 1960 secara menarik menulis kisah berdirinya Universitas Al-Qarawiyyin dengan judul Renaissance in Fez. didalamnya termuat bahwa Al-Qarawiyyin telah memiliki peran besar bagi perkembangan Eropa, sebab banyak ilmuwan muslim maupun non muslim yang belajar di universitas ini yang kemudian menyebar ke eropa pada abad ke-15 M.

2. Universitas Al-Azhar


            Siapa ya pelajar Indonesia yang ga kenal dengan universitas ini. mulanya universitas ini berawal dari masjid yang dibangun oleh Bani Fatimiyah yang menganut mazhab Syi'ah Ismailiyah. Sebutan Al-Azhar mengambil dari nama Sayyidah Fatimah Az-Zahra, putri Nabi Muhammad SAW. masjid ini diangun sekitar tahun 970-972 M. dan memulai pelajaran pada bulan Ramadlon atau Oktober 975 M. ketika Ketua Mahkamah Agung Abul Hasan bin Al-Nu'man mengajar buku "Al-Ikhtisar" mengenai topik yurisprudensi Syi'ah.
       Madrasah yang terhubung dengan masjid ini kemudian dibangun pada tahun 988. belakangan, universitas ini menjadi sekolah bagi kaum Sunni menjelang abad pertengahan hingga saat ini.

3. Universitas Nizamiyah (Irak)


          Perguruan ini didirikan oleh Nidzam Al-Mulk, perdana menteri pada kesultanan Seljuk pada masa Malik Syah, pada tahun 1066/1067 M. ketika itu lembaga pendidikan ini hanya ada di kota Baghdad, ibu kota dan pusat pemerintahan Islam pada waktu itu. kemudian, perguruan ini berkembang ke berbagai kota dan wilayah lain. diantaranya di kota Balkh, Nisabur, Mowsul, Basra, dan Tibristan. dan kota-kota ini menjadi pusat studi ilmu pengetahuan dan menjadi terkenal didunia Islam pada masa itu.  Menurut sejarawan Philip K. Hitti, (orang ni sapa ya??) Madrasah Nizamiyah merupakan contoh awal dari perguruan tinggi yang menyediakan sarana belajar yang memadai bagi para mahasiswanya. Bahkan sistemnya digunakan oleh Universitas Oxford di UK.


4. Universitas Bologna (Itali)


        Universitas ini adalah perguruan tinggi pertama yang didirikan dibelahan dunia barat.dibangun pada tahun 1088 M. di Bologna, Italia. Universitas ini termasuk universitas unggulan hingga masa perang dunia kedua.

5. Universitas Paris (Prancis)



          Universitas ini sering disebut sebagai Universitas Sorbonne. Proses belajar mengajar di universitas ini telah berlangsung sejak 1096.


Sumber: Majalah Aula edisi Januari 2012

0 komentar:

Posting Komentar