Rabu, 04 April 2012

SMK TELKOM Sandhy Putra Jakarta


Hallooooo............
Sekarang kenalan dulu yuuuuk sama sekolah kita. Sekolah kita ini didirikan tahun 1992 untuk menjadi Sekolah Menengah Kejuruan pertama di Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan Kejuruan dalam bidang Teknik Telekomunikasi yang mengkhususkan diri di program keahlian teknik telekomunikasi
Seiring perkembangan kebutuhan dunia telekomunikasi, dikembangkan beberapa program keahlian lainnya sehingga saat ini terdapat empat program keahlian. Pada tahun 2000, lokasi sekolah dipindahkan dari Divisi Pelatihan PT. Telekomunikasi Indonesia di Tomang ke gedung baru di Jalan Daan Mogot KM 11 Jakarta Barat.



Sekolah Kejuruan Menengah Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta merupakan salah satu sekolah kejuruan telekomunikasi yang didirikan berdasarkan gagasan Menteri Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi yang ketika itu dijabat oleh Bapak Soesilo Soedarman sebagai upaya memberikan sumbangsih kepada negara dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta yang pada saat berdirinya tahun 1992 bernama STM Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta bersama lima sekolah serupa di Malang, Medan, Makassar, Banjarnaru dan Purwokerto (dengan program studi berlainan) didirikan untuk menjawab tantangan tekhnologi telekomunikasi yang sangat pesat perkembangannya dalam mengisi pembangunan nasional.
Secara operasional sekolah ini dikelola oleh Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT) yang dibina Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (DEPDIKBUD) beserta PT Telekomunikasi Indonesia (PT Telkom).
SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta diharapkan menjadi "center of excellence" pendidikan menengah telekomunikasi di Indonesia dan lulusannya dapat mengisi lapangan kerja dalam bidang industri telekomunikasi.
SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta mendapatkan sertifikat dari Internasional yaitu sertifikat WQA dan ISO serta Terakreditasi "A" di setiap Jurusan ,bahkan SMK Telekomunikasi Sandhy Putra Jakarta bisa dikatakan sebagai Sekolah Berstandar Internasional ( SBI ) dengan fasilitas sekolah yang sangat lengkap dan prestasi yang dapat dibanggakan.

Program Keahlian

Teknik Transmisi
Program keahlian yang diadakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan instalasi, operasional dan perawatan pada perangkat Transmisi Radio, Transceiver BTS, Antenna dan Perangkat Penunjang lainnya.
Teknik Jaringan Akses

Teknik Switching
Program keahlian yang diadakan Sekolah ini dari awal pendiriannya, dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan instalasi, operasional dan perawatan pada perangkat Sentral Telepon Digital, Sentral PABX, Perangkat Catu Daya dan Perangkat Penunjang lainnya.


Teknik Jaringan Akses
Program keahlian yang diadakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan instalasi, operasional dan perawatan pada perangkat Jaringan Akses Kabel Tembaga dan Optik baik di atas tanah maupun dibawah tanah, Perangkat Terminal Pelanggan dan Perangkat Penunjang lainnya
Teknik Jaringan dan Komputer
Peogram keahlian yang diadakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan konsep dasar elektro analog, Microprocessor dan konsep dasar Digital, merakit, memperbaiki dan merawat Computer Personal (PC), pengoperasian internet dan aplikasinya, Aplikasi rancang bangun 2D dan 3D, konsep basis data dan data base.



Fasilitas

Sejak didirikan pada tahun 1992, sekolah ini masih menumpang pada fasilitas Divisi Pelatihan PT. Telkom di Tomang. Pada tahun 2000, seiring dengan selesainya pembangunan gedung baru di Daan Mogot KM 11, lokasi sekolah dipindahkan. Adapun sarana yang tersedia di lokasi baru yaitu:
24 ruang kelas dengan AC dan Centralized Announcement system.
Laboratorium Praktek
Lab Switching
Lab Transmisi
Lab Jaringan Akses
Lab Teknologi Informatika (Lab Piranti Lunak, Lab Jaringan Komputer, Lab Multimedia)
Lab Bahasa
Lab Elektronika
Perpustakaan
Sarana Olah Raga, tersedia dalam gedung Gymnasium yang biasa digunakan untuk olah raga:
Bola basket
Bola voli
Bulu tangkis
Futsal
Masjid dan Mushola
Kantin
Warung Internet
Area Parkir



0 komentar:

Posting Komentar